Saturday 16 May 2015

Coba cerita tentang gue dan siradio

Radio koleksi Museum Sang Nila Utama, Pekanbaru
Ngomong-ngomong tentang radio, gue dengan bangga mengatakan gue termasuk salah satu orang yang masih setia dengar radio, dan dengan lebih bangga lagi mengatakan sering kirim salam untuk ehem lewat radio, plus lagu spesial berharap si dia mendengarkan, Hahahaaahaa. Terkutuklah orang yang mengatakan orang yang dengarin radio adalah orang kuno zaman purba, karena lewat radio gue merasa lebih canggih dan.. gaul? Hahahaa

Pengalaman gue dengan radio gak spesial-spesial amat sebenarnya, gue belum pernah ketemuan penyiar favorit gue, atau ngantarin dia makanan atau bahkan nelpon ke radio. Gue ini termasuk kategori silent listener. Tetapi pengalaman gue dengan radio tetap oke buat gue banggain, hahaha.

Waktu SMP gue paling sering denger radio, apalagi saat itu sedang suka-sukanya sama teman, uhuuk, padahal sering ketemu disekolah, tapi gue gak berani nyapa, jadi gue sapa dia aja di radio, pakai nama samaran dong, kalau dia dengerkan gue malu juga, hahaha. Lagu yang sering gue request adalah lagu d’masiv, wajar saat itu d’masiv lagi booming-boomingnya, atau lagunya J-Rocks. Kalau lagunya, ‘lu-tau-sendiri-lah’ malu banget nyebut judulnya, yang aaa.. ‘malu adek bang’. Sampai sekarang gue gak tau dia tau gak ya dia pernah dikirimin salam dari gue? Gue pun gak tau dia suka denger radio gak ya waktu itu? Pas zaman putih abu-abu, hampir sama, cuma beda metode. Dulu gue sama anak-anak OSIS lainnya pas latihan PBB sering sok-sok main radio-radioan. Pake seperangkat speaker sekolah kita sok-sokan lagi on-air gitu, terus kalau mau kirim salam sms aja kami, nah bisa mutarin lagu juga, tapi banyak yang gak ada lagu yang direquest, wong playlist yang kami punya kan dikit, hahahaa. Cuma kirim-kiriman salamnya itu, kemungkinan didengar sama yang dituju, hahahaa.

Gue pernah sih sebenarnya  punya penyiar favorit, sekitar hampir 2 tahun yang lalu. Siaran dia itu malam dan gue ikutin terus. Gue suka dengerin dia karena playlist dia pas-pas banget dengan gue, logatnya juga oke, walau dia agak sombong, lucunya dia gak mau ngasih tau judul lagu yang diputerinnya, takut ditiru radio sebelah, aneh gak? Ada yang lebih aneh dari dia, dikiraiinnya dia udah off-air mungkin, jadi dia cerita gitu sama temannya, terdengar seperti bergosip ngomongin orang, dan helooo, dia gosipin orang pas on-air, ah lawak kali, eh besoknya dia gak siaran lagi, maksudnya program radionya udah gak ada lagi. Nah, semenjak itu gue gak dengerin dia lagi, lama banget. Suatu saat gue dengerin lagi, daan... hua dia muterin lagu yang gue rekomen ke dia. Eh kampretnya dia sombong amat masih, sok ngerahasian itu lagu, padahal gue pun yg rekomenin, huh. Gue bahkan sempat berusaha nelpon dia, untuk pertama kalinya gue nelpon radio. Eh, sialnya dia emang kaya siaran buat dirinya sendiri, telpon gue gak masuk-masuk karena dia nerima telpon temannya lama amaaat. Huaa, sebel dong gue, udah pakai paket nelpon soalnya, hahaha.

Akhir cerita, gue malas dengerin dia lagi, bukannya karena telpon gue gak masuk-masuk, tapi karena selera topik dan musiknya sudah berbeda, hahaa. Tapi dengerin radio masih tetap, cuma gak sesering dulu. Kirim salam masih, cuma masih gak tau yang dikirimin salam dengar apa gak, hahaa.

Kenapa gue suka denger radio? Karena di radio itu lagu yang tadinya biasa tiba-tiba jadi luar biasa, kita bisa aja berhenti buat nyanyiin itu lagu, apalagi lagu yang ngena banget, kaya ada takdir besar gitu kita diperdengarkan dengan lagu itu. Dengarin lagu diradio itu beda banget sensasinya dengan dengarin lagu di playlist mp3 kita. Kadang ada lagu yang pas dengan keadaan rasanya kaya lagi dikasih kado.

Dengerin radio juga ngajarin kita setia. Eh kok bisa? Iya, karena pas dengerin radio kita gak boleh sering mengonta-ganti siaran, kalau emang suka dengar siaran itu, itu aja jangan sering ganti pas lagi lagunya gak bagus, ntar pas diganti eh tenyata habis lagu yang gak bagus tadi ada lagu bagus buat kita, gitu –menurut ilmu kesoktaun gue sih.

Eh radio gak mulu tentang lagu kok, gaya penyiarnya juga lucu buat diperhatikan, infonya, topik pembicaraan dan yang leih lucu curhatan orang di radio, wuaaa.. untung gue gak pernah, paling cuma sms ajah, maluuuuuuu. Tapi manis kali ya kalau di lamar di radio? Kalau pas lagi denger berarti emang jodoh, kalau gak? Ya dikasih tau dong doi nya buat dengerin dulu biar jodoh, hahaha.

Sekian dulu ya, garing-garing? Krik..krik. tapi kenangan dan pengalaman gue bersama radio gak segaring ini hahahaa. Biarlah gue dan radio yang menyimpan rasa dan sensasinya, blog jangan ikut-ikutan terlalu dalam, gue aja gak pernah ceritain blog ke radio, haahahaa. Cauw!

Lewat radio aku sampaikan kerinduan yang lama terpendam. Terus mencari hingga musim berganti, radio cerahkan hidupnya jika hingga nanti ku tak bisa menemukan hatinya, menemukan hatinya
–SO7, Radio