Thursday 2 January 2014

Nyunying: Bukan seekor kucing homo

            Lohaaaaah sodara! Kali ini gue bakalan ngenalin kalian sama lelaki tertampan yang sampai saat ini pergi meninggalkan gue dan meninggalkan kenangan yang tak bisa gue lupakan, lelaki itu bernama nyunying. Iya bukan nama manusia emang, toh emang bukan manusia, tapikan gue gak bohong dia emang lelaki dan soal tampan, tampan itu relatif, menurut gue dia tampan kok..... Well, sebenarnya namanya gak nyunying, tapi mak unyiang. Sial-..- dia laki-laki tapi dipanggil mak?! 

             Ya mau diapaain lagi itu nama dari mak gue(re:mama gue sebenarnya) mak gue emang hoby ngasih nama yang aneh, kaya.. nama gue, misalnya?. Nyunying ini entah adek atau kakaknya si bewe gue gak tau, yang penting mereka adalah saudaraan. Si nyunying ini anaknya si Abaf, cucunya Si Bady. Ya gue gak tau pasti benar atau gaknya silsilah keluarganya si nyunying itu karena gue gak pernah tes DNA mereka, hanya sebagai majikan mereka, gue yakin banget mereka adalah keluarga ditinjau dari warna bulu, bentuk ekor, dan perangai yang hampir sama, sama-sama matreeh!
            Dulunya waktu kecil, sinyunying ini dibawa dari jalanan halaman belakang oleh si bewe saudaranya. Bewe yang lincah banget, tukang salto 3 putaran(kadang lebih) ini suka banget main kerumah gue padahal waktu itu gue masih melihara si matreh Abaf. Lama kelamaan mak gue, papa gue dan adek-adek gue suka sama si bewe dan terpeliharalah si bewe dan tersingkirlah si Abaf. Hingga pada suatu hari datanglah bewe membawa sinyunying yang pendiam dan penakut itu bersama induknya. Nah, lama kelamaan induknya gak ada lagi main kerumah gue, dia hilang dan dikabarkan mati ditabrak mobil. Kasihan bewe&nyunying, mamanya telah tiada, bapaknya tak mau pula merawat mereka dan akhirnya gue yang ngambil hak asuh mereka 

            Gue yang ngerasa udah bosan banget melihara kucing yang warnanya kuning terus akhirnya menjadi pilih kasih dan lebih sayang kepada bewe. Faktor lain gue pilih kasih juga karena si nyunying itu pendiam, si bewe lincah minta ampun dan warnanya hitam putih kaya kucing gue dulu banget namanya manis, nah gue perkirakan mungkin si bewe adalah anak/cucunya si manis. Jatah makannya juga beda, bukan gue yang bedain emang si bewe lebih rakus daripada sinyunying, jadi jatah si bewe lebih banyak. Karena gue suka berebut kucing sama adek bungsu gue akhirnya kami memutuskan membagi hak asuh, bewe kucing gue, dan nyunying adalah kucing adek gue. Inti dari perjanjian asuh-mengasuh itu adek gue gak boleh ganggu bewe, gak boleh peluk bewe, nah gue juga seperti itu gak boleh blablablah juga sama si nyunying, tapi gue kakak itu hanya perjanjian saja fakta dilapangan tetap gue ganggu semuanya, Muahahahhaa.
            Pada suatu hari, bewe jatuh sakit, tak ada yang tau penyebabnya, kelincahannya telah hilang, badannya yang lebih gendut daripada sinyunying akhirnya mengurus, rapuh, cahaya matanya memudar, saat dirawat bewe malah menghilang, ia kabur. Gue sedih, bertanya-tanya sedang apa dan dimana dirimu yang kucinta, oh bewe. Mungkinkah nyunying telah menyantet bewe karena dia sudah tersadar bahwa ada ketidaksinambungan dalam harmonisasi kasih sayang? Entahlah gue udah nanya si nyunying ia tak menjawab, gue udah nyuruh si nyunying nyari bewe, tapi ia hanya terdiam, dan.. tidur.

            Karena bewe telah hilang, perjanjian dengan adek gue batal, dan sepertinya adek gue melupakan perjanjian itu, karena saat gue bilang nyunying kucing kakak dia  tak mengungkit perjanjian yang lama itu. Nyunying akhirnya jadi kucing gue, dan adek gue hanya ayah angkatnya saja, orang tua semu si nyunying. Gue memenangkan hak asuh.
            Nyunying akhirnya tumbuh menjadi kucing dewasa, karena dia sudah mulai mengeong-ngeong ngeliat kucing betina tetangga. Ia sudah berani keluar malam, garuk-garuk jendela kamar mak gue supaya dibolehin masuk saat subuh setelah malam berkeliaran, terkadang dia malah menggaruk-garuk pintu samping. Entahlah, entah siapa yang mengajari kalau mau dibukain pintu itu digaruk? Padahal orang rumah kalau mau masuk mengetok, bukan menggaruk, (What’s wrong with you nying?)

            Dan pada akhirnya, si nyunying lebih patuh sama mak gue, karena apa? Karena dia matre! Percis kaya bapaknya. Dia mau datang kalau di kasih makannan aja, dikasih ikan, dan mak guelah yang suka ngasih dia makan dan akhirnya gue diacuhkan nyunying. Sial. Tapi kucing tetaplah kucing, walau dia gak mau, gue tetap main sama nyunying, pokoknya gue gemes banget sama nyunying.

  Mau belajar gak jadi gara main dulu sama nyunying, kalau si nyunying tidur, gue bangunin, kalau dia lagi gak tidur, gue suruh tidur. Seperti itu terus. Mak gue ngasih makan nyunying. Nyunying mandi. Nyunying tidur. Gue bangunkan. Gue main sama nyunying. Nyunying pergi nyari kucing betina. Nyunying pulang. Nyunying golek-golek. Gue ganggu nyunying. Gue suruh nyunying tidur. Nyunying gak tidur. Gue bicara sama nyunying. Gue juga jomblo gara-gara nyunying, tapi setidaknya kami bersama tidak seperti para mblohmbloh yang lain yang sedang membaca ini; sen-di-ri-an. Oke, hentikan pembahasan tentang jomblo ini, karna nanti makin banyak saja jomblo tak berdosa yang merasa terhina dan malas baca blog gue. #KembaliKeJomblo #KembaliKeTopik

            Lalu sinyunying punya teman, namanya utih(mak gue yang ngasih). Sebenarnya utih itu nama aslinya Ipus, dia kucinya Buk RT. Ipus suka datang kerumah buat main sama nyunying. Ipus suka main sama ekornya nyunying, karena si Ipus ini ekornya kaya gak ada, padahal ada sedangkan si nyunying kaya atuk sama bapaknya,  ekornya panjang dan bengkok diujung. Awalnya si Ipus ini pemarah yang pemalu, dia gak suka didekatin sama orang. Tapi gue adalah gue(sombong) akhirnya  Ipus gak takut lagi sama gue, gue apain dia? Rahasia. Tiap Ipus datang kerumah dia selalu nyari nyunying, ketemu sama nyunying dia ikuti nyunying, terus begelut sama nyunying, mereka semakin akrab, lari-lari sama dihalaman belakang malam-malam, lari-lari ganggu orang main bola, kelahi bareng ngelawan kucing garong, abu-abu nama kucing garong tu dan kegiatan kucing akrab lainnya. Mungkin si nyunying seperti menemukan sosok bewe pada si Ipus.

            Namun pada akhirnya ada yang aneh pada si Ipus. Gue gak tau kalau kucing bisa Homo. Si Ipus ini entah mengapa seperti si nyunying sama kucing betina tetangga perilakunya, pada hal so Ipus ama nyunying ini sma-sama laki-laki looooh. Gue gak tau harus berbuat apa. Ini cinta terlarang! Tapi akhirnya mungkin Ipus sadar, dan mereka kembali akrab “normal” seperti sedia kala. Setiap hari bersama, sampai suntik pun bersama, lucunya si Ipus ketakutan dan berlari, kasihan Buk RT kucingnya powerfull banget. Hingga suatu saat hal menyedihkan merusak kebahagian mereka. Ipus jatuh sakit, ipus tak mau makan, ipus lemah. Gue temanin nyunying jenguk si Ipus mana tau Ipus bisa lebih sehat. Namun takdir berkata lain, setelah dibawa ke dokter dan disuntik, Ipus meninggal dalam perjalanan :’(

            Hari terus berganti, kini nyunying telah dewasa seutuhnya, ditunjukkan dari frekuensinya yang tambah sering kelahi sama si abu-abu garong. Sebenarnya kasihan nyunying, nyunying tak mau perkelahian, dia tipe kucing yang cinta damai. Hanya saja si abu-abu ini sepertinya iri pada nyunying(Pendapat mak gue) karena nyunying disayang, dikasih makan, tempat tidur sedangkan si abu-abu hidip tunggang-langgang. Abu-abu semakin hari semakin menunjukkan taringnya tetapi menunjukkan kechibiannya alias sok imutnya yang palsu cuih itu kepada manusia. Gue serius, kucing kayanya jago akting juga. Gue sering banget ngegap si abu” ini jahatin nyunying dan baik sok imut banget sama gue/mak gue. Tapi gue tetap pelindung nyunying, setiap abu” ganggu nyunying gue siram abu” pakai air, gue adalah pelindung nyunying, muahahaha. Gak ada yang boleh ganggu nyunying, termasuk papa gue yang kadang gak suka sama nyunying, tapi kadang suka sama nyunying. Papa gue gak pernah manggil nama nyunying, semua kucing namanya sama bagi beliau, yaitu: Manis. Gue semakin akrab sama nyunying, semakin sayang sama nyunying. Pulang sekolah/kuliah gue nyari nyunying, belajar gue nyari nyunying, tahun baru/puasa ngeliat kembang api sama nyunying meski nyunying takut banget,  nyanyi, nyanyi nyunying. Segalanya tentang nyunying, dia kaya obat stres bagi gue. Pokoknya hanya nyunying.

            Tapi takdir tetaplah takdir, seperti halnya bewe. Nyunying jatuh sakit, dirawat dia malah menghilang kabur, ditemukan dia malah hilang sampai sekarang. Gue sayang nyunying, bahkan setelah gue melihara langit, kucing gue yang dikasih papa lalu dibuang lagi sama papa gue, gue tetap ingatnya nyunying. Entah kebiasaan atau gimana, pokoknya semua masih sama, masih tentang nyunying, dia segalnya, dia itu teman terbaik gue, pacar terbaik gue. Dia kucing gue.


Beberapa foto nyunying yang terabadikan:
        
Ini mantannya nyunying, Cuma dia yg belum almarhumah, masih hidup, Janda statusnya

Ini nih yang namanya utih, matanya emang kaya gitu mblo, bulat, suka lawan cahaya

Ipus ketika nginap dirumah, Muahaha

Nyunying & Ipus dalam pergelutan

Nyunying dalam berbagai versi :3

Nyunying dalam posisi ganteng Maks!! Si Al mah kalah!

Nyunying dengan ekspresi tidurnya....




Nah, gue gak bohongkan emang si Ipus itu agak nganu dia ....
          
Lo tau di header blog gue ada gambar kucing disebelah huruf ‘n’, nah itu adalah nyunying. Mirip, ekornya juga panjang. Warnanya kuning keemasan, lehernya putih, hidunya pesek kemancungan, ekornya panjang bengkok diujung, gagah, ganteng, matre, lucu, halus, nakal, pemalas, sempurna....


Pulang ya nyunying....

Pacarmu Temanmu, Ospa.