Sunday 15 December 2013

Toh Ternyata Matematika Itu Bakat!

                Kali ini gue bakal bahas hal yang mengherankan bagi gue atau hal yang gak gue ngertiin, dimulai pada saat dosen statistik gue atau dosen matematika (entahlah sama aja toh statistik adalah matematika) membacakan hasil UTS kami, dimana yang ujiannya yang benar diatas 3 disebut dan dibawah 3 tidak disebut dan nama gue tidak di sebut. Bukan, bukan karena nama gue yang tidak disebut yang gue herankan, yang gue herankan adalah masukan-masukan dari bapak dosen atau nasehat atau apalah dari perkataan beliau yang panjang dikarenakan kesal atau kecewa karena lumyan banyak mahasiswanya yang gagal dalam ujian, di nasehatnya yang membahana ada satu hal yang membuat gue apaya, tercengang! beliau mengatakan ‘memang sebenarnya matematika itu bakat’. Nah! Lihatkan, dengar, baca! MATEMATIKA ITU ADALAH BAKAT! Terus, terus, ngapa juga gue belajar matematika, kalau matematika itu bakat, gue udah pasti gak punya bakat matematika. Lalu kenapa sepertinya sistem dunia ini memaksa gue belajar matematika, yang malah membuat gue menghabiskan waktu hanya untuk mempelajari dan mengerti sesuatu yang sama sekali bukan bakat gue. Kenapa sepertinya sistem tidak membiarkan saja orang-orang menghabiskan waktunya untuk menekuni bakat mereka sendiri.


                Oke, awalnya sebelum beliau mengatakan hal terkeren tersebut, beliau menganjurkan cobalah cari apa masalahnya kalian tidak bisa mengerti, gue tau jawaban gue saat itu, GUE GAK PERNAH PENASARAN SAMA MATEMATIKA. Iya, gue gak pernah pengen tau tentang matematika, padahal rasa penasran itu kuncinya toh sebenarnya, seperti lo lagi jatuh cinta pasti penasaran sama si doi, nah gue enggak pernah sedikit pun merasa penasaran dengan matematika. Kalau gue sering lihat teman yang suka matematika itu kalau misalnya lagi ngerjain soal matematika yang susah mereka bakalan berusaha semati-matinya buat tau apa itu jawaban matematika. Nah, kalau gue enggak pernah. Kalau ada soal yang gak bisa gue dapatkan jawabannya, gue biarin, karena gue gak penasaran. Kenapa gue gak penasaran? Karena bagi gue matematika itu fiksi, gak nyata, cuma ngambang aja, misalnya gue disuruh nyari turunan parSIAL, fungsi linear, koordinat puncak parabola atau apalah yang entah darimana angka-angka beserta rumusnya itu ada, entah bagaimana contohnya di sekitar gue, atau entah untuk apa hasil jawabannya gak ada di kehidupan menurut gue. Misalnya gue lagi jalan mau nyebrang di jembatan penyebrangan , gue nyebrang aja gak gue hitung dulu berapa jarak gue dengan tujuan gue, berapa tinggi gue dari jalan, berapa probabilitas gue bakal selamat atau apalah. Makanya gue udah ngecap banget matematika itu seperti fiksi, atau gak nyata, gak bisa di implementasikan, gak bisa dirasakan atau apalah!.

                Dari dulu gue selalu bertanya, “Buat apa gue belajar matematika?, buat apa matematika yang RUMIT ini?” oke kalau Cuma matematika hitung-hitungan biasa gue ngerti, matematika hitungan kalau punya uang sejuta terus beli barang seratus ribu lalu sisa berapa, nah itu mah nyata, tapi yang berumus angka, berpangkat tak terhingga itu yang gak ngerti. Apa perlu banget gue yang tidak berbakat matematika ini mengahbiskan waktu untuk mengerti matematika sedangkan gue bisa aja menghabiskan waktu tersebut buat mempelajari lagi bakat gue mempertajam bakat gue, bukan bakat orang lain.

                Boleh gak gue gak usah belajar matematika? Boleh gak gue ngasah otak atau logika gue dengan permasalahan yang nyata aja, gak usah pake rumus-rumus yang gue gak tau darimana itu rumus datang.

                So, karena matematika bukan bakat gue, boleh gak gue gak belajar matematika? Boleh gak gue bodoh matematika?