Saturday 6 April 2013

Bedanya Mahasiswa dan Siswa



‘Hidup’ di kampus dengan ‘hidup’ disekolah itu memang berbeda, ya semua orang tau itu dan kebanyakan orang merasakan itu. Bukan Cuma dari segi berpakain yang kalau disekolah pakai seragam dan dikampus enggak, bukan itu aja. Banyak perbedaan ternyata ketika sudah menjadi MAHAsiswa dan saat menjadi siswa dulu. Yaa, kaya gue ni yang masih baru banget jadi mahasiswa(baca: semseter 2). Diantara yang gue rasakan dan gue amati saat gue siswa dulu dan sekarang jadi mahasiswi perbedaannya itu seperti:








  • Berpakaian: Ini hal paling tampak dan jelas yang membedakan menjadi mahasiswa dengan siswa. Kalau sekolah dulu mah kita Cuma pakai seragam doang, sepatu hitam, kaos kaki putih, yaa gak terlalu banyak gayalah. Paling kalau mau gaya baju buat anak pekanbaru jahit di Mitra, atau sepatunya senin-kamis sepatu hitam jumat-sabtu sepatu sandal apalah terserah asal gak ketauan guru. Atau rambutnya belah tengah terurai panjang buat cewek, buat cowoknya tetap cepak rapi, gak bisa gondrong. Nah kalau jadi mahasiswa, pakaiannya bebas, kalau kata dosen gue ‘free style’ mau pakai jersey pun tak apa, asal jangan pakai pas jam dosen sanger. Alas kakinya, teserah, warna-warni, sepatu banyak duri pun tak apa asal jangan sandal jepit.


  • Pintu Gerbang: Nah ini ni yang menurut gue agak nganu gimana. Waktu gue sekolah dulu, disekolah gue kalau terlambat gerbangnya dikunci gak boleh masuk, katanya walau Kepala Sekolah terlambat pun gak boleh masuk. Kalau siswa yang ngebet banget masuk sekolah paling panjat pagar, gak ketauang syukur, ketauan syukur juga jadi dikenal guru-guru:D . Nah kalau di kampus mana ada tutup-tutupan gerbang, KALAU ditutup, para mahasiswa bakal manjat gerbang juga gak ya?


  • Waktu: Kalau sekolahan dulu masuk jam setengah 8 itu dibilang masuk siang (baca: kesiangan) Kalau jadi mahasiswa masuk jam setengah 8 atau jam 9 itu dibilang masuk pagi.

  • Jadwal Masuk: Kalau disekolah jadwal udah teratur banget, masuk jam 7 pulang keseringan jam 2, jumat jam 11, sabtu tergantung. Nah kalau dikampus bisa aja lu masuk jam 9 habis tu selesai jam 11 terus masuk lagi jam 4 pulang jam 6. Gak teratur banget dan gak ada namanya jam keluar main. Mungkin karena mahasiswa gak boleh main lagi kali ya? (Iya kali) Dan juga tergantung dosen lu juga, kadang dia gak bisa masuk pada jadwal semula, lalu dia bisa menunda jadi jam segini atau ganti hari ini atau di doublekan pertemuannya. Disekolah mana bisa, guru gak masuk atau gak bisa hari ini, tergantung kebijakan anak kelas mau lapor ke Piket atau mau bermain saja gak usah lapor piket.


  • Jadwal Pelajaran: Ini nih yang Errr banget menurut gue. Kalau dulu disekolah jadwal pelajaran sekolah kita udah diatur entah sama TU, Bagian Kurikulum atau sama guru, gue pun gak tau siapa yang ngurus. Pokoknya kalau udah sekolah itu tinggal terima bersih, semua udah disiapin. Nah kalau sekarang gue jadi mahasiswi ribet banget, terutama ribet dengan portal buat ngisi KRS (Kartu Rencana Studi). Kalau udah jadi mahasiswi terutama dikampus gue (karena gak semua universitas seperti ini sistemnya) kita itu seperti buat jadwal pelajaran kita sendiri, kampus Cuma nyediain ini nih mata kuliah yang ditawarkan di semseter ini, ini nih jadwalnya seterah lu mau pilih yang mana.

  • Di saat itu kita harus mengatur sendiri mau ngambil mata kuliah apa, sama dosen siapa, kapan waktunya. Yang buat peningnya bukan saat mengatur jadwalnya sebenarnya, tapi lebih saat mengisi KRS-nya. Bisa gak tidur berhari-hari, bermalam-malam buat ngisi KRS itu. Karena seringnya itu portal (web untuk mengisi KRS) servernya suka down karena banyak yang masuk. Gilak banget kalau udah kaya gituan, rasanya .................. mau dibiarin aja itu portal, gak usah di isi KRSnya. Tapi kalau gak di isi lu bakal dapat dosen sisa, maksud dosen sisa adalah dosen yang kebanyakan gak disukai mahasiswa, yang dimaksud dengan tidak disukai mahasiswa adalah dosen yang kemungkinan besar suka mempersulit, khususnya mempersulit nilai. Tapi kalau jaringan buat masuk portal itu baik saat ngisi KRS oalah dunia berasa digenggaman, IP diatas 3 koma-koma rasanya bakal mudah banget didapat.


  • Kelas: Kalau disekolah 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun bahkan mungkin 6 tahun kita bakal sekelas sama terus sama teman sekelas kita, belajar IPS itu juga, english itu juga, Pkn itu juga. Nah kalau dikampus, kampus gue terkhususnya (karena gak semua universitas seperti ini sistemnya) tiap mata pelajaran kuliah beda terus kelasnya dan beda juga temannya. Bayangkan kalau misalnya lu misalnya ada 9 mata kuliah, maka lu bakal beda semua kelasnya dan pastinya beda juga teman kelas lu. Dan itu buat gue pening banget, terlalu banyak orang jadinya yang gue temui dan walau 6 bulan pun gue Cuma ngingat beberapa namanya, mungkin 20an nama saja perkelas. 


  • Pergaulan: PER-GA-UL-AN ini paling penting nih. Karena di kampus terkadang lebih bersifat individualis. Ya karena kalau disekolah lu bakal lebih sering dengan teman sekelas lu jadi lebih kuat keakrabannya. Kalau dikampus, terutama dengan sistem kelas seperti yang gue jelasin diatas lu bakal lebih susah dalam pergaulan. Mau akrab atau kenal bakal susah, kebanyakan menggunakan sistem individualisme. Atau Cuma bergaul dengan itu-itu aja seperti sebuah geng dan gak bakal ngelihat yang lain atau gabung dengan yang lain. (Tapi tidak semua orang begitu)


  • Masuk-Keluar: Kalau dulu waktu sekolah, terutama pas masa UN SMA/Sederajat bakal banyak lu dapat kiriman pesan/sms semboyan nasionalisme anak sekolahan “ MASUK BERSAMA, KELUAR JUGA BERSAMA” yang artinya, kita masuk sekolah itu sama-sama, dari awal MOS sampai akhir lulus dan juga berarti jadi lu harus nolong teman lu buat lulus sama-sama, yaitu bantuin dia lulus ujian, terutama ujian yang sangat menentukan-UJIAN NASIONAL. Nah, kalau pas jadi mahasiswa atau kuliah gak akan ada lu dapat kiriman itu, semboyannya sudah berganti “MASUK BOLEH SAMA-KELUAR PANDAI-PANDAI” yang maksudnya lu boleh aja sama masuk sama teman lu, sama-sama di ospekin dulu, tapi belum tentu lu lulusnya sama dengan dia, bisa dia dulu atau lu dulu yang lulus. Gak akan ada (kebanyakan-banyak banget) temen lu bantuin lu lulus, terutama yang sangat menentukan kelulusan-SKRIPSI atau UJIAN COMPRE. Lu pandai-pandailah urus skripsi lu. Dan pandai aja gak cukup lu harus “pandai-pandai”.


  • Kelulusan: Beda anak sekolah yang terakhir yang pengen gue bahas ini nih, saat momen kelulusan. Pas lu sekolah dulu pas pengumuman lu lulus bakal ngapa? Coret-coretkan? Tanda-tangan di baju ini-itu. Nah kalau lu lulus kuliah gak ada namanya coret-coret, gak ada sejarah gue hidup liat mahasiswa yang udah lulus coret-coret. Padahal menurut gue itu tu puncak kejayaan belajar terus menerus dan juga bisa dijadiin modus minta tanda tangan gebetan di baju/seagam kita HAHAHAHAHAHA.

Nah, itu dulu kali ya. Nanti kalau prediket MaBa(Mahasiswa Baru) udah hilang dari gue, gue mungkin lebih banyak tau perbedaan antara Maha dan Siswa. Atau ada yang mau nambahin? Boleh tuh dengan senang hati, atau memperbaiki? Oke-oke juga.

Sekian dulu pemirsa. Saya belajar akuntansi dulu yaaah, doakan saya dapat A ya di UTS akuntansi, matematika ekonomi juga, statistika, sosiologi eko, mikro, makro, Pkn, Bindo semuanyalah HAHAHAHAHAHA