Thursday 7 April 2011

ATM KETELAN

Sabtu entah tanggal berapa bulan Maret , saat itu sekolah gue libur, gue lupa libur karena apaan, gue Bangun sekitar jam 9 waktu setempat. Hari itu gue udah punya janji mau main futsal bareng beberapa anak @OFFAIR212 di sebuah tempat futsal didaerah kuantan-pekanbaru. Dan tentunya sebelumnya kami telah membooking lapangan futsalnya, dengan membayar setengah dari harga sewanya, temen-teman gue mulai deh tu iuran buat bayar uang bookingnya, tapi gue lagi bokek yaa ga bisa bayar dong gue bilang aja besok aja aku bayar penuh dengan pedenya seolah besok yakin megang duit. Lalu apa hubungannnya ATM KETELEN dengan RENCANA MAIN FUTSAL? Hubungannya ini dia baca baik-baik, kembali ke hari sabtu udah bangun gue cuci piring, nyapu rumah dan sebagai bagainya nah pas jam 11an mamak gue nyuruh jemput adek si wahyu di sekolahnya, yaudah gue mandi dan ingat gue ga ada duit buat main futsal nanti gue minta duit juga sekalian, dan ternyata mamak gue ga ada uang cash, dia bilang nyuruh gue ambil di ATM, tapi di ATM pasar sail aja disitu tukang parkirnya baik katanya. Ok deh gue yang minta duit nurut aja walaupun sebenranya gue lebih suka narik duit di ATM nangka depan jalan Gulama. Bergegas pergi mengendarai si bebi(motor gue) melewati jalan jalan dan sampailah di SD adek gue, lalu ku cigok-cigok manalah dia ternyata dia lagi jajan telor yang diputar-putar dilidi, malas nunggu kelamaan gue ambil aja dulu uang di ATM yang ga jauh dari SD.

Nah, pertama gue ke ATM BRI-Nya yang benaran dan situasi ATM kecil itu RAMAI gue dengar sebuah perkataan cowok sama cewek duduk dimotor dekat tu ATM kepada bapak-bapak yang lagi ngantri g “ Pak, jangan masuk dulu biar aja Ibu tu dulu yang coba ATMnya soalnya ATMnya suka rusak” dengan kata lain ternyata ibu-ibu di ATM tersebut dijadikan TUMBAL oleh orang-orang tersebut. Mendengar perkataan laknat itu gue langsung aja pindah ke ATM didekat swalayan masih didaerah pasar sail karna gue ingat mamak gue sering narik uang di ATM itu.

Didalamnya ada tiga ATM. Pertama ATM Mandiri, BCA dan BNI. gue bingung mak gue di bank BRI kok dia bisa narik disini, nalar gue pun langsung berjalan walau gue ga punya ATM sendiri pasti diantara tiga ATM ini ada ATM bersama, gue ga tau mana yg ATM bersama karna gue ga pernah narik uang di ATM bersama, untunglah disana ada JengJeng dengan dompet gede dan BB putih sedang narik di ATM BCA gue langsung tanya aja sama itu JengJeng “ Jeng eh maksudnya Buk ATM yang bisa untuk ATM BRI yang mana ya buk?” dengan yakin dan penuh pedenya JengJeng tersebut berkata “ itu dek di ATM BNI, soalnya kalau sama-sama Bank Pemerintah bisa dek, atau di ATM ini juga bisa ” (maksudnya ATM BCA) setelah ber uh oh ngannguk ngangguk gue pun berterima kasih ke Ibuk Jeng tadi. selanjutnya,  gue memasukkan tu kartu ATM BRI ke ATM BNI pertama, ga mau, gue coba lagi ga mau, eh, tu BB jengjeng jatuh, eh tiba-tiba dia udah di ATM Mandiri aja, selesai gue lihat tu BB jengjeng jatuh gue coba lagi dan coba lagi masukin Kartu ATMnya walaupun sebenarnya gue udah mulai takut kenapa napa tapi .. gue butuh duit maan! Dan tiba-tiba mesin mengatakan PASSWORD YANG ANDA MASUKKAN SALAH, ATM ANDA AKAN DIBLOKIR JIKA ANDA SALAH MEMASUKAN PASSWORD SEKLALI LAGI. Bingung gue, Gue yakin banget itu passwordnya, salah password dari manaa?  kalau ganti password mak gue pasti ngelapor ke gue. Panik melanda gue!! Butuh duit maan! Lalu pencerahan datang, gue ingat jengjeng tadi mengatakan ATM BCA juga bisa, maka terjadilah, gue coba! pertama gue masukan KARTU ATM BRI KE ATM BCA seperti biasa mau tarik tunai, selesai gue kira uangnya keluar, ternyata ga keluar-keluar duitnya tapi kartu ATMnya keluar, gue coba lagi karna terdesak butuuh duit dan.. terjadilah, panik!! Panas dingin melanda!! Terbayang mamak gue megang anger baju grr! Uangnya ga keluar Kartu ATMnya juga ga keluar, panik!! Aliran darah mengalir deras! Rasanya seperti ketauan nengok kopekan pas ujian! Untunglah disana ada Ibu-ibu dengan anaknya gue ceritain kejadian gue ke tu Ibu dia berkata “Setau saya yang ATM bersama itu ATM mandiri, BCA enggak, Kalau kaya gini pergi dulu ke Bank BRI buat blokir ATMnya terus ke Bank BCA buat buat laporan kartu ATMnya ketelan”. lah ini Sabtu setau gue BRI enggak buka, tapi tu ibu bilang biasanya ada juga yg buka buat layanan pengaduan.  Gue menyadari satu hal, ternyata jengjeng tadi menunjukan yang SALAH maan!! Penampilannya tak sama dengan perkataannya, memuakan! Rasanya bagaikan masuk ke dalam jebakan jengjeng.  grr!!

Setelah berkata terima kasih kepad ibuibu dengan anaknya, gue bergegas ke si bebi eh, tukang parkir minta duit parkir, untunglah ada uang 1000 tegak di dompet, gue beri tu ke tukang parkir dan jemput adek gue, gue ceritai ke adek gue, dan kata pertama dia adalah “MAMPUS-lah kau” (ayamtiren!!) dasar adek kurang ajar!!. Ga mau dengarin dia gue bawa dia ke BANK BRI dan benar apa kata gue Bank BRI TUTUP grr!! Rasanya panik mampus selama perjalanan gue suruh tu adek gue buat liatin Bank BCA dan tetap juga gue duluan yg liat Bank BCA di jalan, bersyukur Bank BCA buka gue langsung masuk buat laporan ke SATPAMnya dia nenangin gue dan bilang “lapor dulu ke Bank BRI dek” grr! Bank BRI TUTUP Pak! Lalu dia berkata “ia udah dek hari Senen lapor ke BRI buat blokir ATMnya”, terus akhir kata gue berkata “terus kartu ATM saya di ATM BCA gimana Pak?” Bapak itu pun berkata “Kartu ATM adek akan di PATAHKAN karna itu bukan wewenang BCA’’ dan ternyata kalimat tadi bukan akhir kata gue, gue pun berkata lagi “gak papa tu kan Pak rekeningnya ga di apa-apain kan?” dan jawabannya “ ia ga papa dek, laporan adek saya terima dan akan saya sampaikan ke piket ATMnya”. Tenang ga tenang gue berpura tenang dan akhir kata gue bilang tu ke pak Satpam “makasih pak” dan gue pun berlalu ke rumah dengan rasa cemas membayangkan kecerewetan emak gue grr!! Menyeramkan maan!!

Sesampai dirumah apa yang gue bayangkan dalam perjalana tadi sama! Seram!! Dan hal yang gue benci dari omelan mak gue dia berkata “ itulah, nanya juga sama orang bodoh!!” ayamtiren! Mana gue tau tu org bodoh, grr!!

Dan keesokan harinya, minggu,  gue TO, yg gue pikirkan bukan soalnya, tapi ATMnya, bayangkan kalau rekeningnya diapaa-apaain org, darimana uang gue buat kuliah?

PESAN INI POSTING :
  1. Bertanya pada org pintar! Tanya dulu sebelum bertanya “ibu pintar gak? Ranking berapa disekolah dulu?” kalau dia bilang ia, dan dia dapat ranking 10besar terus disekolah bertanyalah, tapi kalau dia bilang enggak, dan ga pernah dapat ranking, jangan bertanya! dan kalau dia marah tangkis tamparannya.
  2.  Pilihlah Bank dengan pelayanan prima yang buka setiap hari
  3. ATM ketelan jangan panik! Pergilah ke Bank yang bersangkutan, blokir ATM anda segera.
  4. Bila kejadian di hari Bank tutup dan Banknya buka hari Senen, paniklah!!
  5. Tapi jangan panik juga cari di google nomor telepon Pelayanan Bank tersebut dan telponlah.
  6.  Jika tidak ada uang untuk membeli pulsa, atau tidak mendapatkan nomor telepon, minta bantuanlah kepada yang pasti yaitu Kantor POLISI